Housing-Estate.com, Jakarta - Belajarlah hingga ke negeri China. Pepatah kuno itu sekarang barangkali sudah berubah menjadi “berliburlah hingga ke negeri China.” China dengan beragam obyek wisatanya, mulai wisata sejarah hingga modern menjadi salah satu destinasi menarik di Asia. Salah satu tujuan wisata yang belakangan sedang naik daun adalah pulau Hainan. Pulau di sebelah selatan daratan Tiongkok itu punya banyak ragam obyek wisata, selain yang bersifat natural.

Paling baru Mission Hills Movie Town yang dibangun di Haikou, Ibukota Hainan. Sebuah obyek wisata bertema film yang dibangun konglomerat gaya hidup Mission Hills Group, dengan menggandeng sutrada Feng Xiaogang dan perusahaan film Huayi Brothers Media. Salah satu film karya Feng, Aftershock, pada tahun 2010 memenangi Academy Award untuk kategori film berbahasa asing terbaik.  Sementara Huayi Brother sukses memproduksi banyak film, antara lain the Forbiden Kingdom juga Aftershock.

Movie Town yang direncanakan sejak 2011 memiliki luas 90 ha. Serupa dengan Universal Studio di AS, theme park ini juga memiliki arena yang didesain sebagai studio film, fasilitas perbelanjaan, lapangan golf, dan area resort. Ada tiga “main street” yang dihadirkan di sini dengan replika berbeda. Yakni suasana masa lalu dari beberapa film karya Feng, studio film terbesar di dunia seluas 8.000 m2, dan sebuah hotel butik dengan tema koleksi selebriti dunia.

Salah satu replika dan paling pertama dibuka adalah jalan utama yang diangkat dari film Back to 1942.  Mengacu pada judul film itu, area ini disebut 1942 Street, seluas 250 ribu m2. Selain studio seluas 5.000 m2, bagian utamanya berupa koridor sepanjang 280 meter yang di kanan-kirinya dihiasi 91 gedung berarsitektur campuran klasik dan China yang biasa ditemui di  Chongqing, Wuhan, Nanjing dan Shanghai. Di sini turis seakan diajak menyelami suasana era 1930-an dan 1940-an,  di empat kota yang berada di sepanjang Sungai Yangtze tersebut.

Dua lainnya, yaitu Nanyang Street yang merepresentasikan gaya arsitektural China Selatan dan Asia Tenggara, baru akan dibuka tahun depan. Sementara Socialist Beijing Street yang akan mengangkat suasana ibukota Tiongkok tahun 1950-1960-an akan dibuka tahun 2016.

Obyek wisata yang menyedot biaya 900 juta dollar AS ini diharapkan dapat menarik banyak wisatawan. Seperti pernyataan Dr Ken Chu, Chairman dan CEO Mission Hills, saat acara pembukaan awal Juni, “Movie Town akan memperkuat status Haikou sebagai lifestyle resort utama di Hainan yang akan menarik jutaan turis, baik dari daratan maupun dari luar negeri.” Pada hari pembukaan itu, lebih dari 10.000 orang berkunjung ke sini, termasuk di antara seribu bintang film ternama Hong Kong dan Tiongkok.

movie town1

Movie Town adalah salah satu dari serial pembangunan besar-besaran di Mission Hills Haikou. DI dekatnya sudah berdiri Mission Hills New Town yang merangkum sejumlah pusat belanja, Lan Kwai Fong entertainment district, aneka fasilitas hiburan dan tiga hotel baru: Ritz Carlton, Renaissance, Hard Rock Hotel.

Mission Hills Haikou sendiri sudah punya sebuah hotel resort dengan 539 kamar dikelilingi 10 lapangan golf, serta dilengkapi dengan spa resort terbesar sejagat (20.000 m2) yang sudah diakui oleh Guinness World Records. AYu

 

(Berbagai sumber)