Housing-Estate.com, Jakarta - Ruang-ruang diciptakan lapang dengan banyak lemari penyimpanan tersembunyi.

Segarnya Hijau

Penataan ruang di unit apartemen ini disajikan simpel dan ringkas sehingga menguatkan kesan yang lapang. Masing-masing ruang dihadirkan dengan kekhasan warna dinding dan perabot yang selaras. Tampak menarik penempatan aksesoris interior berwarna hijau muda yang tersebar di meja makan dan dinding ruang duduk, sekaligus memberi aksen menyegarkan. Di sebelah kiri pintu masuk terdapat sebaris dapur yang berhadapan dengan kamar mandi. Di depan ruang makan dan ruang duduk terletak kamar tidur.

4274832_Interior Segar dan Lapang_4

Sudut Kontras

Ruang makan yang menempati area sudut ini dirancang dengan paduan polesan dinding yang kontras. Terlihat panel dinding berserat kayu mendatar warna cokelat tua dipadukan dengan dinding berlapis wallpaper bertekstur garis warna kuning kecokelatan. Aksi dua garis horizontal dari bahan stainless steel pada panel kayu, menambah kesan modern. Sementara set meja makan dari kaca bening dan empat buah kursi yang melengkapinya, dipilih berwarna cokelat senada dinding.

Batas Visual

Serial gambar bernuansa hijau yang dikemas dalam pigura bujur sangkar digantung di dinding ruang duduk ini sebagai dekorasi. Kesannya tidak terlalu berat, namun unsur seninya sangat memikat. Sofa berbentuk L yang nyaman untuk aktivitas menonton TV, ditempatkan mengisi sudut ruangan. Agar tetap lega, tidak diletakkan meja di bagian tengah tapi diganti meja kecil di samping. Karpet persegi empat juga diletakkan di depan sofa untuk memberi batas visual ruang. Di depannya terdapat panel dinding untuk menaruh TV LCD, yang senada dengan dinding ruang makan. Di bawahnya lagi terdapat kabinet gantung untuk tempat penyimpanan.

8344832_Interior Segar dan Lapang_2

Kamuflase

Penggandaan ruang secara visual akibat penggunaan cermin, selalu menghadirkan kesan yang lapang. Cermin yang melapisi dinding bagian atas ini lebih menarik lagi karena juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan. Lapisan cermin dipasang sebagai kamuflase daun pintu kabinet yang menggantung di dinding. Untuk memecah pandangan agar tidak terlalu banyak pantulan, cermin pada bagian bawah dinding diberi pola garis-garis.

Bingkai Lemari

1244832_Interior Segar dan Lapang_3

Masalah yang sering dihadapi di apartemen adalah ruang penyimpanan yang terbatas. Disamping harus rajin menyeleksi barang-barang yang perlu disimpan, dibutuhkan juga wadah yang kompak agar tidak memakan tempat. Bagian kepala ranjang di kamar tidur ini dibingkai tampilan lemari gantung berlapis kayu warna cokelat tua. Di kiri dan kanan masih ditambah lagi dengan lemari panjang berlapis kaca cermin. Dari arah depan, komposisi tempat tidur, lemari serta nakas yang mengapitnya tampak simetris dan manis.

Putih Bersih

Untuk mengangkat kesan yang higienis dan bersih, kitchen set dirancang dengan dominasi warna putih. Terpancar dari kabinet atas tanpa handel berlapis cat duco yang menyambung serasi dengan permukaan meja dari marmer putih. Dinding belakang yang rentan terciprat minyak atau air, dilapisi kaca es berwarna putih buram. Kaca menampilkan kesan yang bersih dan modern, serta lebih praktis dalam perawatan. Sedangkan kabinet bawah yang dibuat tidak menyentuh lantai, dihadirkan dengan papan kayu warna cokelat tua.

Sumber: Majalah HousingEstate

Dapatkan Majalah HousingEstate di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer)
atau
Unduh versi digitalnya WayangForce, Scoop & Scanie.