Housing-Estate.com, Jakarta - Produsen furnitur dan aksesoris interior Vivere menggelar acara bertajuk Inspiring Living Room Decoration Workshop with HDII di gerai Vivere Senayan City, Jakarta (17/7). Dalam acara tersebut, Lea Aviliani Azis, Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) Jakarta, memaparkan inspirasi tata ruang bergaya Maroko untuk menyambut lebaran tahun ini. “Ciri khas Maroko penuh warna (colorful) dengan perpaduan warna-warna pastel atau earth tone seperti hijau, biru, cokelat,” ujar Lea.

Menurut Lea, gaya Maroko lebih kental ke arah mediterania dengan kesan lebih modern, bernuansa country dan rustic. Jika dibandingkan dengan nuansa Arab yang banyak menggunakan detail ukiran yang rumit, maka Maroko lebih banyak bermain seni grafis yang simpel seperti motif bintang dan persegi.

Isi ruangan dengan aksesoris sebagai pelengkap suasana

Bantal kursi aneka warna dengan motif
grafis geometris khas Maroko

Bantal kursi aneka warna dengan motif grafis geometris khas Maroko

Isi ruangan dengan aksesoris
sebagai pelengkap suasana

Untuk penataan ruang tamu bernuansa Maroko, Lea menyarankan jangan takut mengombinasikan warna. Seimbangkan antara nuansa yang polos dan aksesoris berdetail rumit. Misalnya, padankan sofa polos dengan bantal-bantal kursi yang dibungkus kain bermotif Maroko atau warna-warni khas seperti biru toska dan hijau. Bisa juga,  sofa polos dikombinasikan dengan karpet bercorak Maroko.

Tambahkan pernak-pernik sebagai aksesoris pada ruangan seperti  vas bunga, tempat lilin, atau toples-toples cantik. “Desain tanpa aksesoris itu seperti masakan tanpa bumbu,”  ujar Lea. Perhatikan juga untuk tidak menaruh aksesoris yang berlebihan sehingga  mempersempit ruang atau memberi kesan yang panas dengan terlalu banyak ukir-ukiran.

Penataan ruang bergaya Maroko selanjutnya bisa dilengkapi dengan tata cahaya yang memancarkan kehangatan di malam hari.   Lampu-lampu gantung berhias kaca warna-warni khas Maroko, dapat menjadi salah satu pilihan dekorasi pencahayaan. Suasana rumah sedapat mungkin dibuat membetahkan,  baik bagi penghuni maupun para tamu. Diyah