Housing-Estate.com, Jakarta - Arsitektur yang baik tidak saja harus indah dipandang, tapi juga berfungsi baik sesuai peruntukannya dan yang paling penting adalah tak lekang oleh masa. Setahun lalu, bermunculan gedung-gedung baru berarsitektur baik di Inggris dan ada lima yang dinilai paling inspiratif.

 

SAW SWEE HOCK STUDENT CENTRE, LONDON

Bangunan ini berada di kampus ternama London School of Economics and Political Science (LSE). Perancangnya adalah O’Donnell dan Tuomey, yang seluruh penggarapannya selesai awal tahun 2014. Gedung setinggi tujuh lantai ini berfungsi sebagai wadah aktivitas mahasiswa LSE. Berkonsep mengedepankan ruang dan bentuk material, serta kepiawaian dan keberanan untuk melayani ide sosial, membuat segala aktvitas di dalam gedung tetap terkoneksi dengan kehidupan jalan di sekitarnya. Desainnya yang unik, memang berbeda dengan gedung-gedung akademik di sekitarnya, tetapi tidak terlihat aneh.

 

LEADENHALL BUILDING, LONDON

Laedenhall Building

Laedenhall Building

Gedung karya Rogers Stirk Harbour dan dibangun oleh British Land and Oxford Properties ini sepintas menyerupai alat penyerut keju, karena itu pula banyak orang menyebutnya demikian. Hingga kini gedung yang berada di Leadenhall Street dan setinggi 225 meter ini termasuk gedung tertinggi di London. Kombinasi baja dan kaca jadi detil yang mewah pada bagian menaranya, membuat kawasan Gherkin di sekitarnya jadi tampak biasa-biasa saja. Tidak seperti gedung perkantoran lainnya, gedung ini seakan ingin menunjukkan setiap bagian dalamnya. Sisi utara gedung yang berlapis kaca menampilkan gerakan mesin lift yang bisa dinikmati dari sisi luar. Apalagi keberadaan ruang terbuka yang cukup luas di bagian bawahnya, membuat gedung ini makin terlihat megah. Bentuk segitiganya memang sederhana, tapi terlihat anggun.

 

EVERYMAN THEATRE, LIVERPOOL

Everyman Theatre

Everyman Theatre

Gedung ini berlokasi di ujung Utara Hope Street Liverpool. Kawasan itu sejak lama tenar sebagai daerah bohemian dan seniman “pelawan” penguasa. Dibuka pertama kali pada tahun 1964, teater ini pernah dijadikan kapel kemudian gedung bioskop dan tahun 2011 dibongkar untuk dibangun kembali, menjadi seperti saat ini. Oleh arsitek Haworth Tompkins, gedung ini dikonsep dengan mengedepan keterbukaan serta karib dengan kehidupan setempat, inklusif dan hangat. Tidak saja sebagai gedung pertunjukkan, teater ini juga dilengkapi dengan restoran, kafe dan bar. Tidak heran, kalau gedung ini meraih 2014 RIBA Stirling Prize untuk kategori gedung baru terbaik.

 

SERPENTINE PAVILION

Serpentine Pavilion

Serpentine Pavilion

Gedung baru bagian dari Serpentine Gallery ini didesain oleh Smiljan Radić. Berlokasi di Kensington Gardens, Westminster, gedung ini adalah ruang pamer temporer yang baru dibuka pada medio Juni 2014. Setiap tahun, galeri ini memang selalu ruang pamer temporer dan mengundang sejumlah arsitek untuk mendesainnya. Radic mendesain gedung tempore ini dengan unik. Kombinasi antara bentukan masa depan dan jaman batu, menggabungkan antara massa berat dan sangat ringan. Paduan material batu dan fibreglass yang beberapa dibuat hanya setebal cangkang telur. Membentuk sebuah pertalian yang mengejutkan antar kedua elemen tadi, sekaligus membuat senyum bagi siapa yang melihatnya.

 

MAGGIE’S CENTRE, LANARKSHIRE

Maggie's Centre

Maggie’s Centre

Gedung ini adalah karya tim arsitek asal Skotlandia, Reiach and Hall. Karyanya tampil dengan bentuk yang menyenangkan tapi sederhana, seperti sebuah taman beratap karena hampir semua dindingnya berlapis kaca dan bata berlubang, sehingga udara dan cahaya bisa leluasa masuk ke ruang dalam. Lapisan kaca itu membuat lansekap sekitar terpantul dari sisi luar. Siapa sangka kalau ini adalah sebuah cancer center yang memberikan layanan dukungan untuk penderita dan keluarga penderita kanker, bagian dari rumah sakit khusus kanker NHS, Inggris.

 

(Sumber: BBC)