Housing-Estate.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimuljono mengklaim arus mudik Lebaran tahun ini lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Untuk jalur mudik Lebaran tahun depan, Basuki menyebut akan mulai mengembangkan jalur lintas selatan Pulau Jawa untuk mengurangi kepadatan di jalur pantai utara (Pantura).

“Untuk jalur mudik tahun 2018 kami akan siapkan jalur selatan di beberapa titik terutama di underpass Nagreg untuk alternatif jalan baru, juga jalan dari Ciawi-Cikijing lalu masuk ke jalan Lingkar Jatigede-Sumedang-Bandung. Desainnya sudah ada dan ini segera dilelang, kita masih punya waktu 10 bulanan,” ujarnya di Jakarta, pekan ini.

Untuk jalan tol Trans Jawa juga tetap akan diprioritaskan khususnya penyelesaian jalur jalan tol yang dioperasionalkan saat mudik Lebaran tahun ini. Misalnya di ruas Brebes Timur-Grinsing hingga Semarang selain jalur jalan nasional dan jalan alternatif lainnya. Tahun ini jalan darurat yang difungsionalkan mencapai 337 km yang sangat efektif memperlancar jalur Mudik tahun ini.

“Kami juga akan menyiapka jalur alternatif lainnya seperti di Limbangan-Gentong yang berada di lintas tengah Jawa Barat. Begitu juga jalur alternatif di Krukut, Purwokerto, Petakan, hingga Temanggung termasuk flyover, penanganan rob di Semarang, polder, dan sebagainya,” imbuhnya.